Cara Backup Aplikasi Android Simpan Menjadi File APK Tanpa Root


Advertisement
Android Anyar - Tutorial untuk cara backup aplikasi Android menjadi file berbentuk APK sebenarnya sudah pernah saya bahas di artikel berjudul Cara Ambil dan Simpan File APK Aplikasi Android ke SD Card sekitar tahun 2013 lalu. Dan kini di tahun 2016 ini saya akan kembali memberikan tips cara back-up aplikasi ataupun game/permainan Android ke file format .apk dengan trik terbaru dan lebih mudah.

Perlu diketahui dulu, setiap aplikasi ataupun game yang terinstall di OS Android pada umumnya memiliki ekstensi file *.apk atau dikenal dengan istilah Android Application Package (APK). Dengan melakukan back up atau membuat cadangan aplikasi Android menjadi file APK, artinya Anda juga bisa mendapatkan file mentah aplikasi Android tersebut.

Dengan memiliki file mentahan aplikasi Android, Anda bisa menggunakan file apk itu untuk dipasang pada ponsel Android lain selain milik Anda. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua aplikasi Android 1 kompatibel dengan Android 2. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap gunakan Android Market Google Play untuk memasang aplikasi ke smartphone kesayangan Anda. Selain jelas kompatibilitasnya, keamanan sistem Android juga terjamin anti virus/malware jahat lainnya.

Cara Backup Aplikasi Android Simpan Menjadi File APK Tanpa Root

Apabila pada artikel sebelumnya saya menggunakan aplikasi bantu bernama Clean Master untuk membuat file APK dari aplikasi dan games Android, maka kali ini saya akan gunakan App Backup and Restore.

Alasan utama ialah karena App Backup & Restore jelas lebih ringan karena tugasnya khusus untuk membuatkan Anda backup aplikasi Android yang terpasang di HP saja. Simak langkahnya berikut ini:
  1. Download dan instal App Back up & Restore dari Play Store, gratis.
  2. Jalankan App Backup & Restore.
  3. Tunggu beberapa saat untuk mengumpulkan data daftar nama aplikasi serta permainan yang terinstal di HP Android Anda.
  4. Beri tanda centang pada samping nama aplikasi yang ingin dibikin file APK-nya. Anda bisa memilih satu, lebih dari satu, bahkan semua aplikasi Android untuk di-backup.
    .
  5. Tekan tombol "Backup" dan proses pencadangan aplikasi Android berjalan.
  6. Selesai.
Berhasil! Anda kini sudah bisa mendapatkan backup dari aplikasi Android. Lalu, dimana file apk mentahan aplikasi Andoid itu disimpan?

Pertanyaan bagus vroh... Untuk melakukan pengecekan dimana letak backup-annya, silakan gunakan menu Settings > Backup Path. Nah, disitu Anda akan melihat letak file APK disimpan, apakah di memori internal ataupun di external/SDcard.


Dari situ pula, Anda bisa mengatur letak folder penyimpanan back up file APK. Tahu maksudnya kan? Benar sekali, Anda bisa mengubah letak penyimpanan file APK dari hasil "App Backup & Restore for Android" ke memori eksternal alias SD Card, sehingga bisa dipasang ke HP lain.
Baca Juga:

Demikian tutorial lengkap cara backup aplikasi Android simpan menjadi file APK tanpa root terbaru menggunakan aplikasi App Backup And Restore sebagai aplikasi backup apk terbaik untuk Android saat ini. Semoga bermanfaat.
Maaf, fasilitas komentar untuk Cara Backup Aplikasi Android Simpan Menjadi File APK Tanpa Root ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.