Cara Instal Greenify Tanpa Root Agar Bisa Auto Hibernate

Advertisement

Advertisement
Tutorial Cara Instal Greenify Tanpa Root Agar Bisa Auto Hibernate Android Anyar - Greenify adalah salah satu aplikasi yang bisa menghentikan paksa proses dari aplikasi/game lain di Android. Istilah hentikan paksa pada Greenify juga disebut sebagai Hibernate (mati) atau Freeze (beku). Ada juga yang menyebut dengan istilah 'di-Greenify'.

Layaknya aplikasi hibernate atau freeze lainnya, tentu saja akses root sangat diperlukan. Tapi beda dengan Greenify. Greenify tetap bisa bekerja maksimal meski tanpa root (Android No Root). Hanya saja ada pengaturan khusus yang harus dilakukan. Seperti apa?

Inilah setelan Greenify agar bisa hibernate otomatis di Android Unroot:

  1. Pasang Greenify versi gratis terbaru dari Play Store. Di artikel ini tidak diperlukan Greenify (Donation Package) ataupun Xposed Framework.
  2. Jalankan Greenify, tekan ikon tanda TAMBAH " + " untuk menambahkan aplikasi/games ke daftar hibernasi.
  3. Anda dapat memilih lebih dari satu aplikasi sekaligus. Setelah dipilih, tekan ikon CENTANG. Lihat gambar di bawah ini!

    Cara Instal Greenify Tanpa Root Agar Bisa Auto Hibernate

  4. Tinggalkan dulu Greenify-nya.
  5. Buka Setelan Android > Aksesibilitas > Greenify. Silakan sesuaikan pada pengaturan masing-masing tipe Android karena kadang berbeda.

    Cara Instal Greenify Tanpa Root Agar Bisa Auto Hibernate

  6. Jika layanan aksesibilitas Greenify tidak aktif (nonaktif), silakan aktifkan dengan menekan tombol Aktif menjadi ON.

    Cara Instal Greenify Tanpa Root Agar Bisa Auto Hibernate

  7. Cari juga tombol Setelan tambahan. Biasanya ada di atas tombol ON/OFF layanan Greenify. Jika tidak ada, bisa juga dengan menekan tombol Menu > Setelan.
  8. Centang kotak di sebelah "Workaround for random talking...".

    Cara Instal Greenify Tanpa Root Agar Bisa Auto Hibernate

  9. Kembali buka aplikasi Greenify.
  10. Tekan ikon Zzz untuk menghibernasi semua aplikasi yang tadi sudah dipilih.
  11. Jika berhasil, maka aplikasi/game akan ter-hibernated secara otomatis.

Dengan pengaturan Greenify seperti di atas, saya tidak perlu melakukan Paksa Berhenti (Force Stop) secara manual di Greenify. Tips auto hibernation di Greenify ini saya praktekkan di HP Android One Nexian Journey 1 dengan OS Android 5.1 Lollipop.

Jika ponsel Android Anda sudah rooted, Anda bisa baca artikel Cara Hemat Baterai Android dengan Greenify (ROOT).  Semoga bermanfaat.
Maaf, fasilitas komentar untuk Cara Instal Greenify Tanpa Root Agar Bisa Auto Hibernate ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.