Cara Flash & DownGrade Android KitKat ke JellyBean ASUS Zenfone 4


Advertisement
Cara Flash & DownGrade Android KitKat ke JellyBean ASUS Zenfone 4 Android Anyar - "Ada saja permintaan pengguna", itu yang ada dibenak saya saat membaca beberapa komentar masuk di artikel Cara Upgrade Android Jelly Bean ke KitKat yang ditulis terdahulu. Banyak pengguna yang merasa menyesal setelah meng-upgrade OS Zenfone 4 menjadi KitKat, dan mereka pun kembali ingin men-downgrade OS Android Zenfone 4 dari KitKat 4.4 menjadi Jelly Bean 4.3 lagi. Adaaa sajaaa yaaa?

Berikut beberapa pertanyaan yang masuk ke 'redaksi' Blog Android Anyar yang meminta tutorial downgrade Asus Zenfone 4, alias cara kembali ke Jelly Bean (JB) 4.3 dari KitKat (KK) 4.4.

Namun sebelum Anda benar-benar mau menurunkan versi Android, sebaiknya Anda yakinkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Atau, bisa saja Anda hanya tidak betah di versi software yang terakhir kali di-update dan hanya ingin downgrade ke KitKat dengan versi software di bawahnya saja, silakan pilih di halaman download nanti di bawah.

Cara Mudah Flash Asus Zenfone Tanpa PC Komputer

Oke langsung saja, berikut langkah mudah down-grade OS Android KitKat 4.4 menjadi Jelly Bean 4.3 studi kasus ASUS Zenfone 4 (bisa dijadikan referensi juga pada Zenfone 5 dan Zenfone 6, serta Zenfone 2 dan Zenfone C, karena pada dasarnya sistemnya sama, hanya beda software secara umum).

Cadangkan data terlebih dahulu sebelum melakukan Flash Android!

Langkah 1: Pilih dan Download Firmware/ROM

Seperti disinggung di atas, Anda harus memilih versi firmware yang Anda inginkan. Jika hanya ingin menurunkan satu atau beberapa versi saja dari yang terakhir, pilihlah yang masih Android 4.4.x KitKat.

Tetapi, jika memang ingin full-downgrade ke Jelly Bean Anda pilih Android 4.3.x JellyBean. Pastikan versi software Anda sesuai dengan versi firmware yang akan diunduh, misalnya WW SKU, CHT SKU, TW SKU dan lainnya.

Anda dapat memilih dan mengunduh firmware atau ROM untuk ASUS Zenfone 4 di laman resminya di sini.

LANGKAH 2: Salin Firmware/ROM ke SD Card

Silakan letakkan hasil download-an tadi ke SD External Anda. Bisa menggunakan card reader, atau langsung di-copy dari HP Zenfone 4 Anda. Saya rasa Anda sudah paham urusan seperti ini.

Sebagai catatan, taruhlah file ROM itu di luar folder.

LANGKAH 3: Proses Flashing dan/atau DownGrading ROM

Sebelum melakukannya, pastikan daya baterai ponsel di atas 50%, atau bisa sambil di-charge. Segala resiko yang terjadi menjadi tanggung jawab Anda sendiri. Namun, selama firmware yang Anda pasang cocok, maka tidak akan terjadi kerusakan.
  1. Pasanglah memori eksternal yang sudah berisi ROM Zenfone 4 tadi ke ponsel Anda (berarti dalam keadaan mati yaa).
  2. Sekarang, tekan tombol VOLUME UP (+) diikuti tekan tombol POWER (ON-OFF/LOCK) dan tahan bersamaan. Jangan lepas tombol VOLUME UP sampai Anda masuk ke mode DROIDBOOT.

    Cara Flash ROM Firmware ASUS Zenfone dengan HP Saja
  3. Setelah itu, pilihlah menu 'SD DOWNLOAD'. Gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk memilih menu tersebut.
  4. Gunakan tombol POWER untuk memulai prosesnya.
  5. Proses instalasi (dianggap sebagai 'update') akan berlangsung beberapa menit.
  6. Munculnya robot Android berwarna hijau merupakan tanda keberhasilan awal downgrade Zenfone Anda.
  7. Ponsel akan restart otomatis dan masuk ke Home baru.

Demikian langkah mudah cara flashing ASUS Zenfone 4 untuk keperluan downgrade OS Android. Setahu saya, karena ini mode flashing artinya data mungkin juga akan terhapus. Tapi pengalaman saya beda, ternyata data masih utuh hanya ada pengurangan aplikasi tambahan yang tadinya ada menjadi hilang. Dan aplikasi hasil download (seperti BBM, Facebook, WhatsApp) masih tersedia dan masih dalam keadaan log-in.

Selamat mencoba yaa, semoga berhasil. Dan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bagi semua pembaca Android Anyar, khususnya pengguna ASUS Zenfone. Masih ada pertanyaan? Jangan sungkan untuk bertanya via komentar.
Maaf, fasilitas komentar untuk Cara Flash & DownGrade Android KitKat ke JellyBean ASUS Zenfone 4 ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.