Cara Membuat Memori Swap Android tanpa Partisi SD Card


Advertisement
Cara memasang swap file di HP Android dengan aplikasi .apk tanpa partisi sd card Android Anyar - Swap memori pada sistem operasi Linux wajib ada saat langkah awal instalasi. Fungsinya adalah untuk membantu kinerja RAM saat kehabisan ruang memori. Di Android, yang sebenarnya adalah turunan dari Linux, memang tidak mewajibkan adanya swap memory, namun bagi sebagian 'pakar' Android file swap dapat membantu kerja RAM, dan benar-benar dapat bekerja di perangkat Android.

Dahulu saya sudah pernah menulis Cara Partisi SD Card untuk SWAP Android yang menurut saya pribadi bisa bekerja tanpa hak akses root. Namun demikian, banyak pembaca yang meninggalkan komentar karena tidak ada perubahan berarti saat melakukan partisi. Padahal langkahnya cukup panjang karena harus memakai PC/komputer.

Dan sekarang, telah ada sebuah aplikasi (.apk) yang dibuat khusus untuk membuat file swap di dalam sistem Android tanpa harus membagi partisi kartu memori eksternal. Akan tetapi, aplikasi tersebut hanya dapat berjalan pada HP Android yang sudah rooted. Anda dapat membaca informasi cara root di halaman Tutorial Menggunakan Framaroot untuk Root Android.

Bagi Anda yang suka bermain game HD di Android, mungkin Anda tertarik ingin mencobanya agar performa RAM lebih maksimal dan jarang nge-lag. Silakan ikuti langkah-langkah sederhana berikut untuk membuat ruang swap di gadget Android Anda:
  1. Download Swapper for Root .apk versi terbaru.
  2. Setelah terpasang, buka dan jalankan aplikasinya.
  3. Centang 'Active swap on Boot'.
  4. Pada opsi 'Swap File Position' pilih 'SD Card FAT Partition' untuk memasang swap di kartu memori eksternal.
  5. Ukuran 'Swap File Size' dapat diubah sesuai keinginan Anda dan sebaiknya maksimal 256 MB.
  6. Tap tombol 'Save' untuk menyimpan.
  7. Reboot Android Anda.
Maaf, fasilitas komentar untuk Cara Membuat Memori Swap Android tanpa Partisi SD Card ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.