Cara Root Nokia X, X+ & XL Android Tanpa PC

Advertisement

Advertisement
How to root Nokia X, X+, XL Android
Nokia X Rooted (gadgets.ndtv.com)
Android Anyar - Smartphone Android pertama keluaran Nokia yang dibesut dengan nama Nokia X, Nokia X+ (eX Plus) dan Nokia XL memang belum lama hadir di Indonesia. Namun, seorang pengunjung Blog Android Anyar beberapa saat lalu mengirim sebuah email melalui formulir kontak yang berisi permintaan cara root HP Nokia Android, baik Nokia X, X+ ataupun XL dari proses awal hingga akhir. Sebenarnya yang ia inginkan selain me-root Nokia Android, ia juga meminta tutorial untuk memasang Google Apps di HP Nokia X-nya.

Akan tetapi, kesempatan ini saya hanya gunakan untuk menjelaskan tips cara rooting Nokia X Android saja, langsung dari ponsel tanpa bantuan PC komputer/laptop.

Sebelumnya bagi yang belum paham, dengan me-rooting Android berarti Anda telah setuju bahwa garansi ponsel akan hilang. Di sisi lain, jika Nokia Android sudah rooted, maka Anda bisa menginstal aplikasi dari Play Store. Nah, berikut langkah-langkah cara root Nokia X Series dengan OS Android seperti yang saya terjemahkan dari halaman NDTV Gadgets.

Pertama, untuk mulai proses root Nokia Android (Nokia X, X+, XL) silakan back up seluruh data yang Anda anggap penting untuk jaga-jaga saja. Dan pastikan baterai Anda diatas 50% agar tidak mati mendadak saat proses sedang berjalan.

Selanjutnya, aktifkan USB debugging pada Nokia X Anda, caranya buka 'Pengaturan' (Settings) - 'Opsi Pengembang' (Developer options) - centang pada 'Perunutan USB' (USB Debugging).

Cara Root Nokia X, X+ & XL Android Tanpa PC
Developer options (gadgets.ndtv.com)
 Jika sudah, silakan Anda unduh aplikasi Framaroot.apk. Saat proses root ini, digunakan versi 1.9.1. Untuk menginstal, buka folder tempat Framaroot.apk berada, klik pada namanya dan proses pemasangan akan berlangsung.

Setelah Framaroot terpasang, pilih ikon Framaroot di daftar aplikasi di Nokia X Series Anda. Silakan pilih opsi 'Install SuperSU' dilanjutkan dengan metode exploit-nya pilih 'Gandalf'.

Jika HP Nokia Android Anda berhasil di-root dengan Framaroot tersebut, maka akan muncul pesan 'Success'. Dengan Framaroot pun Anda bisa membatalkan (unroot) status rooted untuk Nokia Anda.

Cara Root Nokia X, X+ & XL Android Tanpa PC
Pesan sukses (gadgets.ndtv.com)
Untuk meyakinkan bahwa ponsel Nokia X Anda telah memiliki akses root, pastikan restart device agar sistem ditata ulang sebelum digunakan.

Demikian tutorial root Nokia X Series (Android) dari awal hingga akhir. Di artikel selanjutnya akan saya bahas cara instal aplikasi Play Store dan cara download apps dari Play Store ke Nokia X Android. Semoga bermanfaat.
Maaf, fasilitas komentar untuk Cara Root Nokia X, X+ & XL Android Tanpa PC ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.