Cara Mengetahui Android Sudah Root atau Belum


Advertisement
Root Checker Basic (Play Store)
Android Anyar - Smartphone Android memang memiliki sistem operasi yang dapat 'dioprek' oleh penggunanya. Namun hal itu tidak semudah yang dibayangkan, karena harus melalui tahap rooting terlebih dahulu. Untuk sebagian pengguna, me-root Android bukan hal yang penting, tapi sebagian lainnya adalah kewajiban. Bahkan, banyak calon pembeli smartphone Android yang menginginkan HP Androidnya sudah di-root sebelum dibawa pulang. Padahal dengan me-root HP Android, garansi akan hilang (terkecuali: ponsel Android yang memang dijual dalam keadaan rooted dari pabrikan).

Nah, lalu bagaimana cara mengetahui atau mengecek apakah HP Android Anda sudah di-root atau belum (unroot)?

Caranya sangat mudah. Anda cukup dengan mengunduh sebuah aplikasi gratis di Play Store dengan nama Root Checker. Pasang aplikasinya di HP Android yang ingin Anda cek status Superuser-nya, buka aplikasi Root Checker lalu tekan tombol 'Verify Root'. Jika Android Anda sudah rooted, maka akan muncul tulisan hijau yang mengatakan bahwa perangkat Android sudah memiliki akses root. Sebaliknya jika unroot, maka muncul tulisan yang menyatakan perangkat tidak memiliki akses root.

Untuk mempermudah mencari aplikasi Root Checker, Anda bisa membukanya melalui tautan ini dari Play Store, gratis. Semoga bermanfaat.
Maaf, fasilitas komentar untuk Cara Mengetahui Android Sudah Root atau Belum ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.