Cara Gunakan Link2SD, Memindahkan Aplikasi ke SD Card Android

Advertisement

Advertisement
Tutorial Lengkap Mempartisi Memori Eksternal Untuk LINK2SD Android Android Anyar - Setelah berhasil mempartisi SD card untuk Link2SD, kini dilanjutkan untuk tutorial menggunakan Link2SD untuk memindahkan aplikasi dan game Android ke memori eksternal dengan benar. Memindahkan aplikasi Android ke SD card memang bertentangan dengan trik menambah kecepatan Android, namun bagi pengguna smartphone Android yang 'gila' aplikasi, tips ini memang sangat bermanfaat.

Oke langsung saja, berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi Link2SD untuk memindahkan apk ke external memory (memori luar):

Cara menggunakan Link2SD, pertama saya anggap anda sudah berhasil mempartisi dan menginstall Link2SD di ponsel anda sampai Link2SD sudah siap digunakan. Untuk memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal SD-Card, pilih aplikasi apa saja yang sudah anda install sebelumnya dari daftar list di Link2SD. Kemudian tekan + tahan hingga muncul pop up lalu pilih Create Link. Perhatikan gambar A dan gambar B.
Gambar A

Gambar B
Pada gambar A yang saya lingkari merupakan aplikasi yang sudah saya install namun belum saya pindah ke SD Card. Untuk memindahnya, pilih Create Link seperti yang ada digambar B.
Gambar C
Sesudah memilih Create Link, langkah selanjutnya tekan OK. Namun perlu dipastikan ketiga checklist harus tercentang. Tidak boleh salah satu dari ketiga ceklis itu tidak di check. Tunggu sampai proses selesai dan hingga aplikasi berhasil dipindah ke SD card.
Gambar D
Selamat anda berhasil memindah aplikasi ke SD Card :) untuk memastikan apakah aplikasi benar-benar sudah terpindah sangat mudah. Tekan + tahan aplikasi itu sekali lagi kemudian pilih Create Link lagi. Jika benar berhasil, maka di bawah masing-masing ketiga checklist akan ada warning already linked.
Gambar E
Satu lagi bagi anda yang sudah terlanjur menginstall aplikasi begitu banyaknya (misal 50 aplikasi) dan ingin memindahkannya ke SD Card, daripada memindahnya satu per satu ada caranya supaya linking-nya bisa serentak 50 aplikasi sekaligus.
Pada list aplikasi di Link2SD, tekan tombol opsi kemudian pilih multi-select lalu select all. Lihat gambar F dibawah.
Gambar F
Seharusnya seluruh aplikasi yang sudah anda sematkan di memori telepon akan menjadi tercentang seperti pada gambar setelah anda melakukan hal tersebut. Selanjutnya tekan Actions (bawahnya select all) dan pilih Create Link. Lihat Gambar G.
Gambar G
Seperti itu tampilannya setelah Create Link anda pilih. Disitu tertera berapa banyak aplikasi yang akan anda link. Pilih OK.
Terakhir yang harus anda perhatikan dan ini sangat penting, tutorial di atas merupakan cara memindah aplikasi (linking) ke SDCard secara manual. Ada cara otomatis memindahkan APK ke SD card yang tidak begitu ribet bila dilakukan. Pada saat anda menginstall aplikasi (entah melalui installer APK atau Playstore) secara otomatis Link2SD akan me-link aplikasi itu ke eksternal. Caranya dengan menekan tombol opsi pada Link2SD kemudian Settings. Perhatikan Gambar H dibawah.
Gambar H
Yap sudah tahu anda harus berbuat apa? Centang pilihan Auto Link seperti pada gambar!
 

* Tutorial cara pakai Link2SD buat pindahkan aplikasi dan permainan Android ke memori eksternal di uji coba pada LG Optimus L3 II E435 Dual dan berjalan baik. Semoga bermanfaat.
Maaf, fasilitas komentar untuk Cara Gunakan Link2SD, Memindahkan Aplikasi ke SD Card Android ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.