Cara Instal BBM di Android Gingerbread 2.3


Advertisement
How to install BBM for Android 2.3 Gingerbread? Android Anyar - Sebelumnya saya telah berbagi info tentang adanya aplikasi hasil port BBM resmi sehingga bisa digunakan di Android versi 2.3 alias Ginger Bread. Dikutip dari XDA Developer, disebutkan bahwa hanya Android Gingerbread dengan custom ROM CyanogenMod 7 yang bisa menjalankan BBM for Android 2.3 tersebut.

Namun, beberapa saat setelah info tersebut muncul, banyak pula yang mencoba dan hasilnya hanya bisa memasang BBM di Gingerbread tetapi tidak bisa dibuka (force close). Bagaimana solusinya?

Blog Android Anyar memang sampai artikel ini terbit belum bisa mencobanya secara langsung. Mengutip dari situs portal berita Detik, karena aplikasi BBM untuk Android Gingerbread merupakan versi tidak resmi. Jadi, pengguna yang penasaran wajib melakukan root pada handset sebelum melakukan instalasi BBM ke Gingerbread. Anda dapat membaca sekilas tentang rooting pada halaman Tips Root Android.

Aplikasi BBM untuk Android versi 2.3 merupakan hasil porting yang masih menyisakan sejumlah bug dan terkadang masih mewajibkan pengguna untuk mengkopi (copy) beberapa file secara manual ke dalam folder sistem operasi.

Setelah menginstal BBM untuk Android Gingerbread, pada beberapa perangkat pengguna mungkin akan menemui masalah force close, dimana aplikasi langsung menutup sendiri sesaat setelah dibuka.

Untuk mengatasinya, pengguna wajib meng-copy secara manual folder 'lib' yang ada di APK BBM GingerBread (GB) ke dalam folder system/lib.

Adapun cara untuk mengkopi folder lib dalam APK BBM Gingerbread, pengguna tinggal menggunakan aplikasi pengekstrak file seperti WinZip, WinRar, atau 7zip.

Sedangkan untuk mengkopikannya ke dalam folder system/lib pada perangkat Android, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi manajemen file seperti Root Explorer.

Selain mengkopikan file yang dibutuhkan, pengguna juga wajib mengeset permission folder yang dikopi dengan pilihan rw-r-r (read, write, read, read). Untuk melakukannya, cukup menekan agak lama folder yang dikopi hingga keluar pilihan yang mana permission adalah salah satunya.

Memang, caranya tidak semudah menginstal BBM versi resmi. Namun bagi pengguna yang penasaran, meski terkesan ribet, sebagian besar mungkin bakal tertarik mencobanya. Sayang, keberhasilannya ternyata juga dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan.

Dengan kata lain, meski seluruh proses telah dilakukan, tidak menjamin aplikasi BBM untuk Android Gingerbread akan berhasil digunakan.

Namun jangan khawatir, sang pembesut - XDA Developer - mengatakan masih akan terus bereksperimen hingga aplikasi BBM untuk Android versi 2.3 dapat digunakan dengan mudah dan lancar layaknya versi resminya.

Download file: Download BBM for Gingerbread
Sumber: http://inet.detik.com/read/2013/.../mau-instal-bbm-di-android-gingerbread-ini-caranya
Maaf, fasilitas komentar untuk Cara Instal BBM di Android Gingerbread 2.3 ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.