NEW!

Cara 'Menambah Besar' RAM Android Tanpa Root


Tips Membuat Pemakaian RAM Menjadi BEsar untuk HP Android tanpa rooting super user Android Anyar - Ponsel Android Anda dibekali dengan kapasitas RAM kecil, dan sangat lemot saat membuka aplikasi? Jika iya, blog Android Anyar akan sedikit berbagi pengalaman cara membuat RAM menjadi lega, tanpa hak akses administrator, yaitu cukup dengan langkah-langkah sederhana untuk mengembalikan besarnya RAM sesuai standar.

Perlu diketahui, tutorial ini bukan membuat besar ruang RAM, misalnya dari 128 Mb menjadi 512 Mb, akan tetapi tips ini hanya membuat RAM Android Anda menjadi lega / longgar. Atau dengan kata lain, RAM di HP Android Anda menjadi sedikit pemakaiannya. Trik ini hampir sama dengan cara menghemat kuota internet di Android yang telah dibahas sebelumnya.

Sebagai contoh, saya asumsikan RAM HP Android-nya adalah sebesar 512 Mb dan tersisa hanya 60Mb. Tentunya dengan keadaan sisa RAM yang dapat dipakai hanya 60 Mb, ponsel Android Anda akan begitu lelet (lag) jika Anda membuka aplikasi baru lagi. Oleh karenanya, sangat diperlukan untuk membesarkan kembali RAM HP Anda. Bagaimana caranya?

Silakan menuju Pengaturan > Aplikasi (Aplk). Geser ke bagian 'Berjalan', lalu cari aplikasi yang Anda anggap tidak sedang dipakai, sentuh 'Stop' dan 'Ok/Pilih' untuk menghentikan proses running.

Belum cukup sampai disitu, silakan Anda geser ke bagian 'Semua aplikasi', kemudian cari aplikasi yang ingin Anda hentikan, sentuh aplikasi dan pilih 'Paksa berhenti'. Hal ini tidak meng-uninstall aplikasi dari Android Anda.

Setelah itu, lihatlah penggunaan RAM Android Anda, maka ada peningkatan besarnya RAM. Dengan cara ini, Anda bisa meminimalkan terjadinya hang/lelet alias nge-lag pada HP Android kesayangan Anda. Semoga bermanfaat ya.
Gunakan Google Chrome Browser untuk mendapatkan tampilan terbaik saat menjelajah konten Blog Android Anyar.

35 komentar di "Cara 'Menambah Besar' RAM Android Tanpa Root"

  1. Itu mah anak kecil juga tau..
    Postingan ginian di tampilin

    BalasHapus
  2. GOBLOK HAHAHA TOLOL YANG SHARE

    BalasHapus
  3. Podo ae ndobol.... Takiro nyulap...

    BalasHapus
  4. HAHAHA LOL... makanya saya kasih tanda petik biar gak salah sangka, dijelaskan bahwa disini saya mengembalikan (membesarkan kembali ke ukuran asli) kapasitas RAM dengan cara kill app manual ;)

    Kalo udah root pun, menambah ram akan sangat sulit (bisa dibilang tidak bisa) secara permanen. Hanya saja, bisa menambah virtual ram jika telah di root.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rom di partisi, kurangi internal romnya buat ram, belajar dulu baru share gan!

      Hapus
    2. Nah ini ada yg jago alias master Android lagi ngajarin sambil marah2. Terima kasih gan infonya, semoga berkah yaa ;-)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Tolol banget sumpah..

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. kalo cuma gitu aja smw org juga tau ..

    BalasHapus
  10. ke laut aja lu anjing..

    BalasHapus
  11. LOL :D
    Ingat dalam tanda kutip gan ;-)
    Cara sesederhana seperti ini pun sangat berguna lho, misal banyak banget aplikasi yg memang bermanfaat tapi jarang dibuka (contoh: photo editor) terpasang di HP, berarti app tersebut di background memakan ruang RAM, padahal app tidak digunakan. Akan lebih baik 'kan jika kita Paksa Berhenti-kan agar pemakaian RAM terkurangi? Dengan demikian RAM bisa bertambah lagi ;-)

    Ini blog dari pemula untuk pemula gan, jadi ambil sisi positifnya saja yaa. Yang mau kasih saran & kritik mohon yang sopan :)

    BalasHapus
  12. Menurut sya, artikel ini bener,,, yg salah itu yg caci maki.. Bener memang menghentikan aktifitas aplikasi adalah cara cerdas yg gak repot...

    Keep share gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih asupan semangatnya,gan. Salam sukses.

      Hapus
  13. goblok smua.....pantek lh klian smua........bego' kalian smua.......carax adalah buang aj hpx.......ganti hp yg ramx besar..........itu aj gannnnnn .....

    BalasHapus
  14. Yang maki2 ini kok orang pinter az... hargai masukan orang lain... kalo merasa pinter buat bulog andri... jgn maki2 d bulog orang...

    BalasHapus
  15. semangat..!! sekecil apapun ilmu ttp lebih baik di share, dr pada tidak sama sekali. hanya orang sombong dan bodoh yg tidak menghargai oranglain dan hanya bisa mencaci maki.

    BalasHapus
  16. Terima kasih semua atas motivasi yang membangun ;-)

    BalasHapus
  17. hahahahaha "pinter tingkat dewa" yg nulis ini blog ..??????

    BalasHapus
  18. Tapi jika paksa berhenti, terkadang malah membuat ram menjadi tambah mengecil, mungkin itu yg saya alami. Mungkin juga ada yang tau membuat virtual ram tanpa root lewati kompi? Saya udh coba dari berbagai blog, tp gak berhasil. Atau dengan root juga gapapa, makasih buat infonya :)

    BalasHapus
  19. punya gw kok hbs di kill
    terus aplnya balik on lagi

    BalasHapus
  20. HAH! KISMIN HAPE ANDROID NYA CACAD RAM KECIL MAKI-MAKI BELI HAPE MAHAL ANJING KALO MAU GAK RIBETMAH

    BalasHapus
  21. Maaf gan itu mah cacad ,coba kalo lebih hot pakai greenify untuk kill app (trmasuk sistem nya) gunakan.
    Lelaku nya (wkwkwkw) sblumnya android di root dulu,instal &download :greenifi,greenify donation ,lucky patcher,x posed installer.masuk ke lucky patcher klik greenify donation hapus verifikasi lisensi nya lalu buka x posed instalr klik modul klik grenify lalu (masih di x posed installer) klik framework klik instal klik reboot.setelah restart buka greenifi klik fitur eksperimental centang semua kecuali blokir penyalah gunaan.lalu msh di greenify klil tanda + pilih app yg mau di kill kalo sudah klik buat shorcut nya .
    Sekian
    Sdkit tambah instal ram manager pro (klik set on boot) pilih hard/multitasting ,lock memory

    BalasHapus
  22. Klo mau pakek klo ga mau ganti hp, gitu aja pakek maki". Orang pinter bkn dewa dia hny lebih tau, jd klo kamu kamu dan kamu ga tau or blm tau silakan konsultasi ke google. Belajar menghargai bkn cm bisa menilai dan komen saja. Buat admin, semangat kang lanjutkan perjuangannya.
    Sedikit tips, buat ram kecil hp hrs di root trus install ram expander.apk utk directory swap pilih memory internal, swap 250mb itu sudah lbh dr cukup. Klo ga mau pakek swap"an, coba install link2sd.apk & disable service.apk (dr playstore). Klo anda pny app ex: bbm, line etc. convert dlu itu app ke system (gunakan link2sd). Masi di link2sd skrg aktifkan auto clean cache lalu buka disable service, hentikan service yg brjalan di tiap app (ini tdk sama dgn force close/menghentikan app secara paksa krn app tetap brjln, hny saja meminimalis service yg tdk diperlukan jd pemakaian ram jg lbh sedikit). Good luck, buat admin semangat kang lanjutkan... salam sukses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih motivasi dan masukannya mas Andi Kusuma :-)

      Kebetulan soal SWAP, pindah User-apps to System-apps, dan penggunaan Link2SD sudah dibahas di beberapa artikel advanced.

      Untuk melihat semuanya dapat dibuka di halaman Daftar Isi saja.

      Sekali lagi terima kasih ;_)

      Hapus
    2. mohon komentar2 binatang ky gitu dihapus aja gan

      Hapus

SEBELUM BERKOMENTAR, PERHATIKAN :
(1) Berkomentarlah dengan bijak dan sopan karena pembaca Blog Android Anyar hampir semua umur.
(2) Jika akan bertanya melalui komentar, mohon baca setiap komentar yang telah ada terlebih dahulu agar tidak terjadi pertanyaan ganda, karena saya tidak akan membalasnya :-P
(3) Mohon maaf jika saya tidak mampu menjawab semua komentar pembaca tercinta, karena keterbatasan pengetahuan saya.
(4) Segala komentar yang mengandung konten menjurus ke sara, pornografi, iklan berlebihan dan/atau konten sensitif lainnya, akan dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.