Minggu, 09 Juni 2013

Cara 'Menambah Besar' RAM Android Tanpa Root

Tips Membuat Pemakaian RAM Menjadi BEsar untuk HP Android tanpa rooting super user Android Anyar - Ponsel Android Anda dibekali dengan kapasitas RAM kecil, dan sangat lemot saat membuka aplikasi? Jika iya, blog Android Anyar akan sedikit berbagi pengalaman cara membuat RAM menjadi lega, tanpa hak akses administrator, yaitu cukup dengan langkah-langkah sederhana untuk mengembalikan besarnya RAM sesuai standar.

Perlu diketahui, tutorial ini bukan membuat besar ruang RAM, misalnya dari 128 Mb menjadi 512 Mb, akan tetapi tips ini hanya membuat RAM Android Anda menjadi lega / longgar. Atau dengan kata lain, RAM di HP Android Anda menjadi sedikit pemakaiannya. Trik ini hampir sama dengan cara menghemat kuota internet di Android yang telah dibahas sebelumnya.

Sebagai contoh, saya asumsikan RAM HP Android-nya adalah sebesar 512 Mb dan tersisa hanya 60Mb. Tentunya dengan keadaan sisa RAM yang dapat dipakai hanya 60 Mb, ponsel Android Anda akan begitu lelet (lag) jika Anda membuka aplikasi baru lagi. Oleh karenanya, sangat diperlukan untuk membesarkan kembali RAM HP Anda. Bagaimana caranya?

Silakan menuju Pengaturan > Aplikasi (Aplk). Geser ke bagian 'Berjalan', lalu cari aplikasi yang Anda anggap tidak sedang dipakai, sentuh 'Stop' dan 'Ok/Pilih' untuk menghentikan proses running.

Belum cukup sampai disitu, silakan Anda geser ke bagian 'Semua aplikasi', kemudian cari aplikasi yang ingin Anda hentikan, sentuh aplikasi dan pilih 'Paksa berhenti'. Hal ini tidak meng-uninstall aplikasi dari Android Anda.

Setelah itu, lihatlah penggunaan RAM Android Anda, maka ada peningkatan besarnya RAM. Dengan cara ini, Anda bisa meminimalkan terjadinya hang/lelet alias nge-lag pada HP Android kesayangan Anda. Semoga bermanfaat ya.

Maaf, fasilitas komentar untuk Cara 'Menambah Besar' RAM Android Tanpa Root ditutup untuk sementara. Pertanyaan, saran atau kritik silakan buka halaman Kontak atau Like Facebook untuk respon lebih cepat.